22 Juli 2009

Isra wal Mi'raj Rasulullah SAAW

Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya[*] agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. [ Q.S Al- Isra ( Bani Israil ) : 1 ]

[*] Maksudnya: Al Masjidil Aqsha dan daerah-daerah sekitarnya dapat berkat dari Allah dengan diturunkan nabi-nabi di negeri itu dan kesuburan tanahnya.



13. dan Sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
14. (yaitu) di Sidratil Muntaha[*].
15. di dekatnya ada syurga tempat tinggal,
16. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya.
17. penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya.
18. Sesungguhnya Dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.
( Q.S An-Najm: 13-18)

[*] Sidratul Muntaha adalah tempat yang paling tinggi, di atas langit ke-7, yang telah dikunjungi Nabi ketika mi'raj.


Peristiwa Isra Mi’raj dalam kitab – kitab Mawlid

Qashidah al- Burdah lil Imam Abi ‘Abdillah Muhammad Al-Bushiri

ISRA` MI`RAJ NABI MUHAMMAD SAW

- Wahai sebaik baik manusia Para pencari kebaikan menuju kediamannya
Dengan berjalan kaki atau unta yang cepat berlari

- Wahai Nabi nan menjadi pertanda besar bagi para pencari pelajaran
Duhai Nabi yang merupakan nikmat yang agung bagi orang yang ingin beruntung

- Dikala malam engkau berjalan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha
Bagai purnama yang berjalan menembus malam gelap gulita

- Dan engkau terus meninggi hingga suatu tempat engkau gapai
Yaitu tempat sekira kira dua busur panah tak bisa di gapai dan diasa

- Para Nabi dan Rasul mempersilahkan anda didepan
Laksana penghormatan pelayan kepada sang majikan

- Engkau tembus langit yang tujuh lapis bersama para Nabi dan Rasul
Dalam kumpulan Malaikat , engkaulah menjadi pemimpinnya

- Hingga tak satu puncak kau sisai bagi orang yang ingin mendahului
Tempat dekat dan tempat tinggi bagi pencari derajat tinggi

- Dibandingkan dengan derajatmu derajat ini jadi rendah semua
Karena dengan khusus dipanggil namamu seperti mufrad `alam dalam kekhususan nya

- Agar engkau peroleh hubungan sempurna tertutup dari pandangan mata
Dan rahasia nan tiada terbuka tersimpan dari makhluk tercipta

- Kau kumpulkan semua kebanggaan dan keutamaan nan tak terbagi
Kau lewati setiap derajat ketinggian , derajat nan tak terdesaki

- Sungguh agung nilainya derajat yang kau dapati
Sungguh jarang dan langka dapatkan nikmat yang engkau diberi

- Kabar gembira hai umat manusia
Bagi kita tiang kokoh nan jaya , tak kan roboh padam

- Tatkala Allah panggil Nabi pengajak kita karena keta`atannya kepada Allah
Dengan panggilan Rasul termulia maka jadilah kita umat yang paling mulia




Mawlid Al-Barzanji li ‘Allamah Sayyid Syaikh Ja’far bin Hasan Al-Barzanji

Kemudian beliau dijalankan di malam hari dengan ruh dan tubuhnya dalam keadaan jaga dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan serambinya yang suci. Dan beliau dimi’rajkan (dinaikkan ) ke langit .

Lalu beliau melihat Nabi Adam as di langit pertama , yang telah diagungkan dan ditinggikan oleh kebesarannya . Di langit yang kedua beliau melihat Nabi ‘Isa bin Maryam as , gadis bakti dan bersih dan putra bibinya (dari ibu) , Nabi Yahya as yang telah diberi hikmah ketika masih kanak – kanak .

Di langit ketiga beliau melihat Nabi Yusuf as dengan romannya yang tampan . Di langit keempat beliau melihat Nabi Idris as yang kedudukannya diangkat dan ditinggikan oleh Allah Swt .

Di langit kelima beliau melihat Nabi Harun as yang dicintai di kalangan bani Israil . Di Langit keenam beliau melihat Nabi Musa as , yang telah diajak berbicara oleh Allah Ta’ala dan ia bermunajat kepada –Nya . Dan dia langit ketujuh beliau melihat Nabi Ibrahim as , yang telah datang kepada Tuhannya dengan hati yang bersih dan maksud yang baik . Dan Tuahn telah memelihara dan menyelamatkannya dari api Namrudz .

Kemudian beliau dinaikkkan ke Sidratul Muntaha sampai belaiu mendengar deritan qalam ( pena ) mengenai urusan – urusan yang ditetapkan . Sampai ke maqam keterbukaan tirai dan beliau didekatkan oleh Allah pada-Nya , dan Dia hilangkan baginya tirai cahaya – cahaya keagungan . Allah perlihatkan kepadanya dengan kedua mata kepalanya apa yang Dia diperlihatkan dari hadirat ketuhanan . Dan apa yang Dia hamparkan baginya hamparan pengambilan dalil .

Allah mewajibkan atasnya dan umatnya lima puluh kali shalat . Kemudian awan anugerah itu muncul sehingga dikembalikan kepada shalat lima waktu . Lima waktu itu mendapat pahala lima puluh kali shalat sebagaimana Dia kehendaki dan tetapkan pada azali .

Kemudian beliau kembali malam itu juga , lalu ( Abu Bakar ) Ash-Shiddiq membenarkan isra-nya itu . Begitu juga setiap yang mempunyai akal dan pemikiran..Tetapi suku Quraisy mendustakannya dan menjadi murtadlah orang yang diisesatkan oleh dan digelincirkannya .

Mawlid Ad-Diba’i lil Imam asy- Syaikh ‘Abdurrahaman Ad-Diba’i
………………..
Mahasuci Tuhan yang telah menentukan Nabi saw pada tempat yang tertinggi dan menjalankannya di waktu malam menghadap Allah sampai sejarak anak panah dengan busurnya atau lebih dekat lagi. Dan dikokohkannya dengan berbagai mukjizat yang tak terhitung banyaknva.

……………………………………………….



Mawlid Al- ‘Azabi li Asy-Syekh Muhammad Al-‘Azabi

Kemudian Al-Musyaffa’ ( Nabi yangdiberi syafaat ) itu terus naik meninggi kedudukannya dengan keindahan kesempurnaannya yang tersendiri .

Sehingga Allah yang Maha Pengasih mengutusnya sebagai rahmat ( bagi sekalian alam ) dan berbahagialah orang yang menganut agamanya yang lurus .

Dan dalam keadaan terjaga Nabi Muhammad saw telah diperjalankan di waktu malam dengan ruh dan jasadnya dan banyaklah keajaiban yang telah diperlihatkan kepadanya .

Nabi Muhammad saw mengendarai “ Buroq “ sementara Jibril berjalan di bawah kendaraannya dengan tujuan agar mendapatkan kemuliaan . “

Beliau menuju Baitul Maqdis dan di dalamnya beliau meng-imami sholat dengan para Nabi - lalu beliau melakukan “ Mi’raj” – naik ke langit- dengan rasa gembira .

Allah Swt memperlihatkan telah memperlihatkan kepadanya tanda - tanda kebesaran_nya dan telah pula mewajibkan sholat lima waktu , dengan demikian telah tercapai tujuan mi’raj itu .

Sejarak 2 ujung busur panah , al-Habib ( sang kekasih Allah ) telah mendekat sehingga melihat Tuhannya yang Maha Tinggi lagi Maha Agung .

( semua perjumpaan itu terjadi) mata kepala dan hatinya dan berhati – berhatilah atas hal – hal yang telah sah dan dibenarkan .

Allah yang Maha Tinggi telah berfirman kepadanya dengan lemah lembut : “ Mintalah kepada Ku , niscaya Aku beri apa –apa yang engkau minta dan Aku akan melebihkannya .”

Ketika ia diliputi nur indah dan halus untuk menyaksikan-Nya , “Al-Amin “ pun mundur dari pada-Nya karena pengaruh wibawa-Nya.

Ketika itu beliau bersabda : “ kalau seandainya aku dikedepankan , niscaya aku akan terbakar oleh sinar itu , maka posisinya pada saat itu benar - benar ditebus dengan ruh .


Simthud-Durar ( Maulid al-Habsyi )
lil Imam Al-Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi

Dan diantara kehormatan yang dikhusukan
Bagi Rasul termulia ini ;
Mi’raj-nya ke hadirat Allah Maha Penyayang
Yang kebaikan-Nya selalu melimpah
Yang karunia-Nya selalu tercurah .
Serta adanya bukti - bukti kuasa-Nya yang gemilang
Yang dialami pada peristiwa itu;
Dan kemuliaan bagi langit- langit serta penghuninya
Dengat terbitnya nur pelita itu bagi mereka .

Maka Rasulullah saw mengarungi angkasa
Bersama Jibril Al-Amin
Menuju hadirat Allah Al-Malikul Jalil
Diiring segala kemuliaan dan penghormatan .

Tiada penghuni langit yang dimasukinya
Kecuali segera menyongsong kedatangannya
Dengan penghormatan dan berbagai ucapan selamat dating
Setiap Rasul yang dilewati
Menyampaikan kabar gembira yang diketahuinya
Tentang tinggi kedudukannya di sisi Tuhannya .

Sampai ia melampaui ketujuh lapis ,
Dan mencapai hadirat mutlak tiada berbatas
Di sana ia diliputi belaian karunia lembut .
Penuh keakraban
Datang dari hadirat Ilahi ,
Menyambutnya dengan aneka ragam ucapan selamat ,
Memuliakannya dengan berbagai anugerah besar ,
Melimpahkan padanya seindah- seindahnya pemberian ,
Dan memannggilnya dengan semulia -mulia salam ,
Setelah ia sendiri menunjukkan puji – ujian ke hadirat Ilahi ,
“At-Tahiyyatul Mubaraktus Sholawatut thoyyibat.”

Aduhai , betapa lembut belaian karunia yang diterimanya itu !
Betapa indah pertemuan yang agung itu !
Dalam hadirat serba gemilang ,
Saat dzat (Rasul) memberi kesaksiannya
Bagi keagungan Dzat (Allah ) Tuhannya.
Seraya merangkum rahmah ilahiyyah penuh kasih saying
Serta anugerah-Nya yang melimpah ruah ,
Dalam suasana khudhu’ dan penyerahan diri kepada-Nya.

“itulah tingkatan yang memaksa setiap idaman
Jatuh bererai memendam sesal dan putus asa
Demi melihatnya amat tinggi
Tinggi sekali dari segala jangkauan . “


Banyak sekali pengalaman halus melekat pada jiwa Rasul,
Yang diperoleh dalam perjumpaan ketika itu ,
Serta ilmu dan pengetahuan yang dicapainya
Tatkala … “Allah mewahuykan kepada hamba-Nya
Apa yang diwahyukan-Nya
Dan tiada hati Rasul mendustakannya…”.

Itu semata-mata karunia hadirat Maha Pengasih
Dikhususkan bagi insan ini seorang
Simpati penuh kasih sayang ditujukan kepadanya
Tiada mungkin jin dan manusia mana pun merangkumnya
Itulah pemberian teramat istimewa
Pena siapa pun tak’kan berani mencoba
Menguraikan tentang hakikatnya
Lidah pun tak’kan mampu mengungkapkan
Makna halus yang tersembunyi padanya
Hadirat Allah yang maha-luas mengkhususkannya
Hanya bagi pandangan Nabi yang menatap dengan saksama
Dan telinganya yang mendengar dengan cermat
Maka tiada keinginan seseorang patut mengidamkan
Tersingkap baginya rahasianya yang tersembunyi
Atau meliput cahaya nurnya dengan sempurna
Karena itu adalah hadirat terlalu agung
Untuk bisa dilihat para Pengamat
Dan tingkatan tiada mungkin tercapai
Kecuali bagi penghulu para rasul
***
Maka sungguh berbahagia hadirat Muhammad
Menerima anugerah agung berlimpah
Berdatangan dari hadirat Allah Yang Maha Esa
Aduhai, betapa beruntungnya ia
Mencapai kedudukan setinggi ini…

*****

12 Juli 2009

KH. Muhammad Nuruddin Al-Banjari: Tradisi Sanad Sudah Hilang



Dalam tradisi keilmuan Islam, sanad adalah sesuatu yang penting. “Menurut ulama salaf, sanad dianggap sebagai bagian dari agama sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Al-Mubarok,”jelas KH. Muhammad Nuruddin Al-Banjari. Alumni Universitas al-Azhar asy-Syarif, Mesir ini sendiri dikenal sebagai ulama yang memiliki banyak sanad. Bukan hanya di bidang hadits, tapi setiap kitab yang dipelajarinya, sanadnya bersambung kepada pengarang kitab tersebut.

Nuruddin punya banyak sanad, karena ia termasuk orang yang senang belajar secara talaqqi(langsung dibawah bimbingan seorang guru) kepada para ulama yang memiliki sanad. Ada sekitar 35 ulama kenamaan yang pernah menjadi gurunya sewaktu ia belajar di Mekkah dan Mesir. Diantara ulama itu antara lain Syeikh Al-Allamah Hasan Masshath yang mendapat gelar Syeiku-ul-ulama' rahimahullah, Syeikh Al-Allamah Muhamad Yasin Al-Fadani rahimahullah yang mendapat julukan Syeikhul Hadits Wa Musnidud Dunya, Syeikh Ismail Usman Zien rahimahullah yang digelar Alfaqih Ad-Darrakah, Syeikh Abd. Karim Banjar hafizohullah, Syeikh Suhaili Al-Anfenani, As-Sayyed Mohd. Alwi Al-Maliki, Syeikh Said Al-Bakistani dan sebagainya.

Tradisi sanad itu sekarang ini oleh Nuruddin diakui lemah karena orang lebih senang belajar secara instant. Sedang belajar secara talaqqi itu memerlukan kesabaran tersendiri. “Sekarang ini maunya serba cepat dalam mencari ilmu,”katanya lagi.

Padahal menurutnya, para ulama dulu sangat sabar mencari ilmu. Mereka rela berlama-lama belajar kepada seorang ulama sampai tamat. Bukan hanya itu mereka juga harus mempersiapkan mental yang kuat ketika misalkan harus disuruh atau dibentak oleh sang guru. “Kalau anak sekarang dibentak langsung lari,”jelasnya.

Berikut wawancaranya yang pernah dimuat majalah Hidayatullah yang dikutip oleh InpasOnline.com



Tradisi mencari ilmu dengan menjaga sanad sudah amat langka saat ini, bagaimana komentar ustadz?

Sebenarnya tradisi itu masih ada di pesantren-pesantren kita. Hanya saja para santri tidak menanyakan sanad kitab yang dipelajarinya. Mereka tidak peduli melalui siapa saja mendapatkan pengetahuan tentang kitab itu, hingga sampai kepada penulisnya. Bisa juga karena si kiai tidak terlalalu memperhatikan masalah itu. Atau mereka memang belum sempat mendapatkan ijazah tentang periwayatan kitab tersebut. Di Indonesia, ulama yang memperhatikan sanad itu masih bisa dihitung jari. Apalagi setelah wafatnya Syeikh Yasin Al Fadani, sebagai seorang musnid. Setelah itu tidak ada lagi ijazah, yang dampaknya kita tidak tahu ilmu yang pelajari sampai kepada siapa snadnya.

Pengalaman Ustadz sendiri, dalam memperoleh sanad?

Seingat saya, sewaktu belajar di Makkah tahun 80-an, saya mengkaji kitab dengan cara talaqqi, istilahnya dari kulit ke kulit (dari sampul awal hingga sampul akhir). Nah, setelah itu kita diijazahi. Dengan begitu saya tahu membaca Shahih Al Bukhari dari guru saya, fulan bin fulan, hingga terus sampai kepada Imam Al Bukhari.

Apa sebenarnya fungsi dari sanad sendiri?

Ini terkait dengan masalah tradisi para ulama salaf ketika hendak memberi syarah terhadap sebuah hadits. Kita harus tahu siapa orang yang mensyarah hadits, memberi komentar, atau khasiyah (catatan kaki). Sebab banyak orang bisa memahami sebuah hadits tapi tidak bisa mengungkapkan dan tidak tepat memaknainya. Inilah sebagian manfaat, min fawaidi at talaqi, supaya kita memaknai hadits itu tepat, walau tidak dijamin 100 persen. Tapi insyaallah dengan talaqqi, pemahaman kita tidak akan lepas dari maksud dan tujuan penulis. Jadi bisa kita katakan al haqiqah ala ma’na shohih.

Kalau begitu, apa dampak negatif jika belajar tanpa didampingi seoarang guru?

Kalau dulu yang namanya syeikh takharuj amat menentukan sekali. Dari periwayatan ilmunya bisa diketahui sejauh mana pemahamannya. Akan tetapi jika belajar melalui majalah, internet, cd atau televisi, sulit diukur pemahamannya. Tapi sudah berani berfatwa sehingga sekan-akan ia siap menjawab semua masalah dalam satu waktu.

Mungkin di Indonesia hal ini menjadi masalah karena orang-orang terlalu berani berfatwa. Ini berbeda dengan tradisi para salafuna as shalih. Jika ada pertanyaan, maka masing-masing saling menunjuk. Bukan kerana tidak mengerti, akan tetapi mereka amat hati-hati. Sebab jangan-jangan ada yang lebih pandai dan lebih berilmu. Kita sekarang hubbu tashadur, pingin berada di depan. Kadang-kadang hal-hal yang di luar bidangnya sudah berani berfatwa.

Apa akibat bagi orang yang bukan bidangnya tapi sudah berani berfatwa?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sayidina Ibnu Umar disebutkan bahwa orang yang paling berani mengeluarkan fatwa adalah orang yang menjerumuskan diri ke neraka jahanam. Ajra’ukum ala al fatwa, ajra’ukum ala nari jahanam. Oleh karena itu para sahabat saling tadafuk (mempersilahkan yang lain) dalam fatwa. Kalau dalam fatwa mereka seperti itu, tapi kalau dalam ibadah mereka akan berlomba-lomba. Jika masalah fatwa ayakfihi ghoiruhu (menyukupkan dengan orang lain). Misalkan Ibnu Abi Laila bertanya kepada Abu Hanifah, tapi beliau menyuruh orang tersebut bertanya kepada Zufar. Oleh Zufar disuruh tanya kepada Sofyan At Tsauri. At Tsauri menurruh bertanya kepada Abu Hanifah.

Akhlak seperti ini sudah sedikit di negeri ini. Banyak orang yang dari segi usia, ilmu dan pengalaman masih mudah, tapi sudah berani berfatwa. Bukan hanya itu, ia juga seenaknya memvonis orang lain mubtadi’ (orang yang berbuat bid’ah), dhaal (sesat) dll. Padahal mencela mukmin itu fasiq, apalagi mengkafirkan, sibabul mukmin fusq. Anehnya yang ia sesatkan itu masih dalam batas khilafiah.

Pengalaman Ustadz berguru kepada beberapa ulama di Mesir?

Kalau di Mesir biasanya masyayikh yang pakai jubbah yang mengalamai belajar secara talaqqi kepada para masayikh sebelumnya di masjid Al Azhar, yang dinamakan al jami’ bukan al jami’ah. Syaikh Muntashir pada waktu itu kalau mengajar tafsir hanya membawa mushaf saja, tidak pernah pakai kitab. Demikian juga Syeikh Sya’rawi tidak pegang Al Qur’an. Orang yang mengajilah yang membawa Al Qur’an. Beliau-beliau ini tidak membawa tafsir karena sudah hafal.

Bagi orang yang tidak pernah talaqi, dia tidak akan merasakan pancaran nur saat bertemu dengan masyayikh. Ada kiai yang menyuruh baca sekali, dua kali, dan tiga kali, tapi dia tidak menerangkan. Nah, kadang tanpa keterangan itu santri bisa paham sendiri.

Bagaimana ustadz melihat para pencari ilmu saat ini?

Adab mahasiswa terhadap para dosen sudah tidak ada. Ijlal (memulyahakan) masyayih juga tidak ada. Juga penghargaan terhadap karya dan penulis para ulama tidak ada. Itu yang kita rasakan.

Pada jaman saya di Mesir, sudah ada mahasisiwa yang meminta dosennya berhenti, “duktur kifayah ba’ah, dza sa’atain kholas “ (Pak dosen, sudah cukup. Ini sudah dua jam, kapan berhentinya!). Inilah yang menyebabkan faktor keberkahan ilmu itu lenyap. Jadi keberkahan ilmu itu tidak diindikasikan dari bisa menulis atau tidak bisa ceramah, atau bisa terjun ke masyarakat. Kalau sekedar itu siapa saja bisa melakukannya. Akan tetapi yang namanya keberkatan ilmu itu berhubungan dengan kehidupan. Ia betul-betul mengawal perjalanan hidup.

Jadi, sebelum menyuruh, kita harus sudah disuruh dan mengerjakan. Sebelum melarang, kita harus sudah tingalkan. Inilah namanya dakwah bil hal itu yang pengaruhnya cukup kuat. Kadang ada sebuah masalah yang sudah dijelaskan, dikupas dengan tuntas, tapi tidak tidak berdampak apa-apa. Orang berbicara tasawuf, tapi ia meninggalkan tasawuf . Lain hal dengan ulama-ulama terdahulu. Kadang hanya dijelaskan dan disuruh baca, atau sekedar. Ini yang saya rasakan dengan syaikh Isamil, syaeik Yasin dan syeikh Hasan Masyat yang tidak sama mengajarnya dan sedikit penjelasanyya. Tapi alhamdulillah kawan-kawan yang di Makkah semuanya menjadi kiai, khususnya yang berada di Madura.

Bisa dikatakan bahwa hanya bertemu dengan guru sudah membantu sebuah pamahaman?

Sering kali kita belum bertanya ternyata sudah mendapat jawaban. Ada yang ingin kita tanyakan tentang malabis (masalah pakaian), adab naum, adab al aql (makan), adab al masyi (berjalan), jilsah (duduk) atau ibadah. Kadang kita sudah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan, akan tetapi dengan duduk saja sudah memahami keterangan guru. Saya rasa sudah jarang ada ulama yang memiliki ittishal ruhi (hubungan ruh), itishal batin (hubungan batin), dan mampu memperolah jawaban pertanyaan-pertanyaannya tanpa harus bertanya terlabih dahulu.

Contohnya, syaikh Abu Hasan Ali An Nadawi adalah ulama paling bebal dan susah memahami sesuatu. Suatu ketika kebetulan orang tua guru beliau sakit sehingga pengajian hendak diliburkan. Melihat hal itu syeikh Abu hasan berkata kepada gurunya,”Syeikh ngajar saja, biar persoalan orang tua saya yang nangani”. Akhirnya Abu Hasan ini yang merawat orang tua gurunya. Di saat pengajian selesai dan si gruru masuk ruangan, ia melihat Abu Hasan membersihkan kotoran orang tuanya yang sedang buang air. Akhirnya si syeikh meneteskan air mata dan mengucapkan barakallah fik (semoga Allah memberkatimu) dan mendoakannya. Akhirnya, seperti diceritakan sendiri oleh syeikh Abu Hasan Ali An Nadawi bahwa sejak itu pikirannya menjadi terbuka, sehingga para ulama Mesir terkagum-kagum dengan tulisan An Nadwadi dan karya-karyanya. Padahal beliau masih berumur 19 tahun. Diantaranya yang kagum adalah Syeikh Yusuf Qaradhawi, As Sya’rawi, dan Sayyid Qutub.

Orang tua biasanya kasihan dengan kesehatan fisik kita. Tapi guru itu kasihan dengan ilmu kita. Sehingga kalau kita belajar dengan seorang guru, maka ilmu akan lebih mudah diserap dan berdampak. Ilmu terserap tidak hanya karena pengajian kita, tapi doa dan munajat para guru. Dalam buku-buku ulama klasik biasanya tertulis, i’lam hadaniya Allah wa iyakum (ketahuilah, semoga Allah memberi hidayah kepada saya dan diri kalian). Itu doa untuk pembaca kitab, nah mana aja majalah yang seperti itu?

Apakah talaqqi terlalu susah, sehingga banyak yang lari dengan membaca buku sendiri?

Gak susah juga, mungkin karena para masyayih sekarang tidak ada waktu untuk meluangkan diri mengajar dengan tradisi seperti itu. Yang bisa seperti itu biasanya adalah kiai-kiai zuhud, yang merasa cukup dengan keadaan apa adanya. Sedang bagi kiai yang hidupnya harus menyesuaikan keadaan, tidak ada waktu untuk itu. Masayikh –masayikh ana di Mekkah itu keperluannya sudah dipenuhi. Sehingga itu tidak hanya menyumbangkan ilmu, tapi juga materi. Ngaji di sana digaji, gimana gakbetah? Kalau pas zakat setiap guru memberi 500 real. Kalau lima guru saja sudah hampir 3000 real atau 7 juta. Nah sekarang mana ada masyayikh seperti itu.

Sekarang malah sebaliknya, santri yang dikuras. Jadi sudah susah ditemukan seorang syeikh yang memiliki waktu untuk talaqqi, padahal kalau dulu sampai imla’ hadits. Imam Yahya Ibnu Ma’in itu punya harta besarnya satu milyar dirham. Semuanya diinfaqkkan untuk mencari ilmu, hingg sandal saja tidak punya. Jadi dulu duit dihabiskan untuk ilmu, kalau sekarang sebaliknya, ilmu untuk cari uang.

(www. InpasOnline.com )